NATO Menguji Teknologi Pesawat Nirawak Otonom dalam Kompetisi Bergaya DARPA
Tekno & SainsNewsHot

Foto: News Scientist

Jakarta, tvrijakartanews - Para pemimpin senior dari NATO menyaksikan empat tim peneliti dari Inggris, AS, Belanda, dan Austria memamerkan drone otonom yang dikendalikan AI di ruang bawah tanah di bawah City St George's, University of London. Kelompok-kelompok tersebut bersaing satu sama lain sebagai bagian dari program SAPIENCE yang didanai NATO, yang dirancang untuk mempercepat kemajuan teknologi baru ini. Khususnya di dunia di mana drone di medan perang mengubah peperangan, seperti yang ditunjukkan di Ukraina.

Claudio Palestini, kepala program Sains untuk Perdamaian dan Keamanan NATO mengatakan pihaknya masih berupaya memahami dampak pesawat tanpa awak.

“Kami melakukan kontak rutin dengan Ukraina untuk memahami apa yang mereka lakukan dengan teknologi. NATO beradaptasi dengan cara pertempuran baru ini, kami tengah mengembangkan beberapa konsep dalam bidang perang pesawat tanpa awak,” katanya dikutip dari New Scientist, Senin (9/9/2024).

Meskipun ada aplikasi di medan perang, Palestini ingin menekankan bahwa ada sifat ganda dalam pekerjaan NATO. Apa yang mereka lakukan di program Sains untuk Perdamaian dan Keamanan NATO, tidak sepenuhnya militer.

"Kami ingin memiliki pengembangan teknologi yang dapat digunakan di sektor komersial, tetapi juga di sektor pertahanan. Dan di sinilah kerja sama dengan Ukraina membantu," tuturnya. Pekerjaan seperti itu memiliki kemiripan dengan Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS (DARPA).

Di London, acara pertama dari empat acara sedang berlangsung, mensimulasikan skenario pencarian dan penyelamatan dalam ruangan di lingkungan yang tidak memiliki GPS yang mirip dengan dampak bencana alam. Tim dari City St George mengerahkan dua drone otonom yang bekerja sama dalam konfigurasi berkelompok, dengan algoritma pembelajaran mendalam yang mengendalikan navigasi.

Thomas Hickling, mahasiswa PhD dan anggota tim, yang menyoroti bagaimana kelompok tersebut menganggap bentuk AI ini lebih baik untuk memetakan infrastruktur yang rusak, mengatakan mereka satu-satunya yang menggunakan jaringan saraf. Kecepatan dan keandalan juga menjadi pertimbangan, terutama dalam skenario penyelamatan nyawa.

“Kami memutuskan untuk menggunakan dua drone karena jauh lebih cepat dan meningkatkan keandalan. Jika satu drone gagal, Anda akan mendapatkan yang lain secara otomatis. Anda dapat mengambil alih pekerjaan drone lainnya,” kata Hickling.

Acara SAPIENCE mendatang akan menguji teknologi tim di lingkungan luar ruangan dan campuran, dengan melakukan berbagai tugas simulasi. Meski disajikan sebagai kompetisi, Palestini melihat ini sebagai kekuatan pendorong di balik percepatan dan kerja sama di lapangan.

"Kami tidak berharap untuk memiliki satu pemenang pun. Kami akan memiliki semacam peringkat, tetapi semua idenya bagus," katanya.